Keutamaan Sedekah



Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda dan memuliakan kaum yang bersedekah. Ada banyak keutamaan sedekah, diantaranya :
  1. Sedekah dapat menghapus dosa. Rasulullah bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosasebagaimana air memadamkan api.”(HR.Tirmidzi).
  2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir. Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapatkan naungan di suatu hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah SWT, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah: “Seseorang yang bersedekahdengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.”(HR. Bukhari)
  3. Sedekah memberi keberkahan pada harta. Rasulullah SAW bersabda, ”Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”(HR.Muslim)
  4. Allah SWT melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak."(QS.Al Hadid:18)
  5. Terdapat pintu surga yang hanya dimasuki oleh orang yang bersedekah. "Orang memberikan dan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga : "Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan". Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan sholat, ia akan dipanggil dari pintu sholat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah."(HR. Bukhari dan Muslim)
  6. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang. Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah adalah bukti."(HR. Muslim)
  7. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur."(HR. Thabrani)
  8. Sedekah dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli.
  9. Orang yang bersedekah merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia. Ada rasa senang, bangga dan dada yang lapang setelah kita memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan.
  10. Pahala sedekah terus berkembang. Pahala sedekah walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya, hingga menjadi besar. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud."(HR. At Tirmidzi)
  11. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka. Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka.
  12. Boleh iri kepada orang dermawan. Iri atau hasad adalah akhlak yang tercela, namun iri kepada orang yang suka bersedekah, ingin menyaingi kedermawanan dia, ini adalah akhlak yang terpuji. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak boleh hasad kecuali pada dua orang: seseorang yang diberikan harta oleh Allah, kemudian ia belanjakan di jalan yang haq, dan seseorang yang diberikan oleh Allah ilmu dan ia mengamalkannya dan mengajarkannya."(HR. Al Bukhari dan Muslim)

0 komentar: