Keutamaan Puasa Ramadhan

Puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan bersenggama mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Allah Ta’ala berfirman, artinya “...dan makan minumlah hingga terang bagimu benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam...”. (Qs. Al-Baqarah: 187).

Jadi puasa adalah ibadah yang dilaksanakan dengan jalan meninggalkan segala yang menyebabkan batalnya puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Puasa Ramadhan wajib dikerjakan setelah terlihatnya hilal, atau setelah bulan Sya’ban genap 30 hari. Puasa Ramadhan wajib dilakukan apabila hilal awal bulan Ramadhan disaksikan orang yang dipercaya.


Adapun keutamaan puasa Ramadhan ialah :

  1. Dengan puasa Ramadhan Allah SWT mengampuni dosa orang yang berpuasa dan memafkan kesalahannya. Nabi SAW bersabda : “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka Allah SWT mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  2. Puasa Ramadhan tidak terhingga pahalanya, karena orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala tanpa batas. Setiap muslim amalannya akan diganjar sebesar 10 hingga 700 kali lipat, kecuali puasa. Firman Allah SWT di dalam hadits qudsi: “...Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan mengganjarnya, ia menahan nafsu dan makan karena-Ku.” (HR. Muslim)
  3. Puasa dapat membuka pintu syafaat nanti pada hari Kiamat. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya puasa dan bacaan Al-Qur’an memberi syafaat kepada pelakunya pada hari Kiamat”. Puasa berkata, “Ya Tuhanku aku telah manahan hasrat makan dan syahwatnya, maka berilah aku izin untuk memberikan syafaat kepadanya”. Berkata pula Al-Qur’an “Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya dari tidur untuk qiyamullail, maka berilah aku izin untuk memberikan syafaat kepadanya”. Nabi bersabda, “Maka keduanya diberikan izin untuk memberi syafaat.” (HR. Ahmad).

0 komentar: