Mengapa Tidur Siang Setelah Makan Siang itu Baik?

Enzim Tubuh dinaikkan produksinya pada waktu tidur dan beristirahat. Itulah sebabnya kekuatan fisik kembali setelah tidur nyenyak saat kelelahan, yaitu karena saat tidur pengurasan enzim dapat ditekan, dan bersamaan dengan itu pembentukan enzim tubuh juga berlangsung. Jika hari-hari kurang tidur berlanjut, kekuatan fisik akan anjlok karena produksi enzim dan pemakaiannya tidak seimbang. Oleh karena itu, untuk mempertahankan hidup sehat, tidur dan istirahat yang baik sangat penting.


Meskipun begitu, kenyataannya saat ini, orang-orang yang sedang giat-giatnya bekerja kesulitan memenuhi waktu tidur yang cukup. Agar tetap sehat selama melalui masa sibuk seperti ini tidurlah sebentar-sebentar sekitar 1-2 menit sampai 20 menit. Awalnya, mungkin tidak bisa bangun kalau tidak pasang alarm jam,  tetapi setelah tubuh terbiasa, tubuh akan mampu terbangun segar dari tidur nyenyak selama 2 menit maupun 10 menit.

Dengan tidur siang 2 menit saja, Anda bisa melakukan pekerjaan sore hari dengan daya konsentrasi yang sama dengan pagi hari. Karena itu cobalah untuk membiasakan tidur siang setiap hari. Untuk mengaktifkan alat pencernaan yang dikendalikan saraf parasimpatik, maka pada saat makan, tubuh manusia membuat saraf parasimpatik lebih dominan. Ini sebabnya setelah makan kita merasa mengantuk. Memanfaatkan dengan pandai "waktunya tubuh ingin beristirahat" semacam ini merupakan trik untuk memulihkan tenaga dengan istirahat singkat.

Karena itu saat lelah dan merasakan kantuk, jangan memaksakan diri, istirahatkan tubuh Anda barang lima menit sampai sepuluh menit. Lebih baik lagi jika saat beristirahat Anda bebaring karena pemakaian enzim bisa ditekan sehingga tingkat kepulihan pun lebih besar. Tetapi jika keadaan tidak memungkinkan, boleh saja dengan menutup mata dan bersandar pada bangku.

Sangat dianjurkan tidur siang setelah makan siang karena selain memulihkan kekuatan fisik, enzim yang dipakai untuk kegiatan pun bisa ditekan, dan enzim yang dihemat itu bisa dipakai untuk pencernaan dan penyerapan sehingga kedua proses tersebut berlangsung baik dan lancar.

0 komentar: