Ini Dia Jagoan Balap Asal Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang terbilang produktif melahirkan mobil-mobil sport bertenaga. Film "Fast and Furious" atau Tokyo Drift memamerkan di antaranya mobil-mobil sport asal Jepang yang tampil sangar. Setiap tahun negeri matahari terbit ini memproduksi mobil baru dengan performa daya kecepatan yang luar biasa. Akan tetapi, di antara puluhan mobil baru yang lahir tiap tahun di Jepang, lima mobil ini bisa dikategorikan yang paling menarik perhatian dan istimewa yang ada di dunia.

1. Nissan GT-R

Tampangnya memang tidak seeksotis mobil-mobil super asal Eropa, tetapi kekuatan Nissan GT-R dapat diandalkan. Diproduksi tahun 2007 hingga kini, Nissan GT-R seolah menjawab keraguan para pecinta Skyline yang menjadi pendahulunya. Namun, seiring waktu, GT-R mampu membuktikan semuanya.

Pada Nissan GT-R model tahun 2013, mobil ini datang dengan beberapa perubahan. Selain tampangnya yang lebih segar, respons mesin juga dibuat lebih cepat dengan kemampuan melahirkan tenaga sampai 542 bhp dari mesin V6 twin-turbo berkapasitas 3.8 liter yang diusungnya. Selain itu, suspensi juga diperbarui dengan stabilitas prima.





2. Honda Acura-NSX

Salah satu mobil paling eksotis yang pernah diproduksi oleh Jepang. Bahkan, beberapa penghargaan pun pernah direbut mobil ini. Dilihat sekilas, mungkin banyak yang akan menyangka bahwa mobil ini adalah produksi Italia. Namun, Honda Acura-NSX adalah mobil Jepang. Mengusung mesin V6 berkapasitas 3.0 liter yang mampu melahirkan tenaga hingga 280 hp.

Sasis mobil ini, diakui pabrikan, dirancang sebagiannya berkat masukan dari pebalap legendaris asal Brasil, Ayrton Senna. Produksi mobil ini pun terbilang lama yakni dari 1990-2005. Generasi baru dari NSX lahir dengan performa baru dengan sistem hibrida.





3. Lexus LFA

Lexus LFA adalah salah satu yang terbaik dalam kategori mobil kencang. Ini adalah supercar pertama Jepang yang hanya diproduksi dalam jumlah sangat terbatas. Mulai diproduksi 15 Desember 2010 silam. Selama hampir tiga tahun diproduksi, Lexus hanya membuat 500 unit LFA di fasilitas produksi khusus di Pabrik Motomachi di Prefektur Aichi, Jepang. Di pabrik tersebut, 170 pekerja merakit mobil ini secara hand made yang membuat jumlah produksinya jadi sangat terbatas, hanya 1 unit LFA yang diproduksi setiap harinya.

Menggendong mesin V10 yang berkapasitas 4.8 liter yang mampu berakselerasi 100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik dan dipacu hingga kecepatan maksimal 325 km/jam berkat tenaga 552 hp yang bisa dihasilkan mesinnya.





4. Nissan R390

Selain GT-R, Nissan R390 ini tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Dirancang untuk berlaga di ajang Le Mans kategori GT1 pada era 1990-an, Nissan R390 tampil dengan tampang yang sangat agresif. Terlebih, mobil ini banyak diburu oleh para kolektor berkat eksklusivitasnya. Karena hanya diproduksi 2 unit saja dengan 1 unitnya disimpan oleh Nissan.

Diperkaya mesin 3.5 liter yang telah dilengkapi twin-turbo berkonfigurasi V8. Dengan mesin tersebut, Nissan R390 dikatakan mampu berakselerasi hingga 3,8 detik untuk mencapai 0-100 km/jam. Sementara itu, tenaga 550 hp yang dimilikinya juga mampu membuatnya melaju hingga 315 km/jam.





5. Mitsuoka Orochi

Mitsuoka Orochi merupakan salah satu mobil sport Jepang yang paling menarik. Tampang mobil tersebut pun tergolong sangat menyeramkan dan bahkan sempat dijuluki sebagai mobil dengan tampang mengerikan oleh LA Times. Mobil ini pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep pada tahun 2001 hingga akhirnya Orochi diproduksi terbatas pada tahun 2006.

Mobil bermodel coupe 2 pintu ini mengusung transmisi otomatis 5 speed yang bersanding dengan mesin V6 berkapasitas 3,3 liter yang diambil dari Toyota. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 233 hp saat putaran mesin 5.600 rpm dengan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive.





0 komentar: