Tips Mengenali Cartridge Palsu

Mengidentifikasi cartridge palsu memang cukup sulit seperti membedakan tas branded asli dan palsu. Alasan utamanya dikarenakan produk palsu terlihat sama dengan produk asli. Akibatnya, konsumen awan sering mengalami kesulitan untuk membedakan antara produk asli dan produk palsu. Banyak perusahaan manufaktur printer ternama yang telah menggunakan simbol khusus untuk pada setia cartridge yang diproduksi. Sebagai contoh, Canon telah memasukkan teknologi khusus seperti hologram unik ke dalam kemasan untuk mengenali produk palsu dengan lebih mudah.



Pernakah anda terpikir, kenapa cartridge palsu ini perlu dihindari??? Tidak hanya memberikan hasil cetakan yang kurang baik, tapi juga masalah keamanan cartridge tersebut jika digunakan. Tidak ada kontrol kualitas pada saat pembuatan produk palsu. Cartridge tinta palsu dapat merusak printer, bahkan kebocoran cartiridge atau meledak yang menyebabkan kerusakan pada printer. Tidak adanya prosedur keamanan dan standar kualitas produk asli, misalnya menyebabkan energi panas yang berlebihan dan menimbulkan kebakaran.

Ada beberapa tips dan indikator yang akan membantu anda dalam membeli cartridge asli, seperti berikut ini :

1. Harga Mencurigakan
Cari tahu tentang harga tinta sebelum memutuskan untuk membeli cartridge dan berhati-hati jika mendapati harga yang sangat rendah. Meskipun beberapa tinta palsu juga dibandrol seperti harga asli, tapi ada pula yang memberikan harga lebih murah murah hingga 40% di bawah harga eceran yang disarankan dan ini patut dicurigai.

2. Kemasan Palsu
Kemasan produk cartridge palsu terlihat pada kualitas material kemasannya. Memang benar bahwa sebagian besar korban yang membeli tinta palsu sulit membedakannya, tetapi coba perhatikan badan kemasan seperti stiker salah cetak dan kemasan yang sudah tua atau berantakan, seperti untuk membedakan samsung asli dan palsu dari bagian kardusnya.

3. Masalah Kinerja
Hasil tinta warna memang lebih sulit dibedakan daripada hasil cetakan tinta hitam. Meskipun cara merawat printer seperti menjaga kebersihan head printer, masih saja mendapatkan warna yang kurang baik, mungkin itu dikarenakan cartridge tinta palsu. Bandingkan kualitas cetakan dengan cartridge asli sebelumnya, dan perhatikan perbedaan hasil warna cetakannya.

4. Cepat Habis
Cartrige printer palsu dan toner cartridge biasanya dapat habis pada waktu yang relatif cepat, tidak seperti biasa. Hal ini dikarenakan pengisian tinta tersebut tidak penuh. Tanyakan jumlah cetakan rata-rata yang dihasilkan dari cartridge tersebut dan perlu dicurigai jika dapat habis lebih cepat.

0 komentar: