5 Langkah Memilih GPS Mobil

Dengan berkembangnya teknologi dan inovasi IT terbaru, alat pemandu jalan menjadi alat penting kehidupan setiap orang. Kalau dahulu mobil-mobil tak dilengkapi oleh alat GPS (Global Positioning System), sekarang bahkan mobil yang biasa saja pun sudah dilengkapi alat pemandu jalan tersebut. Bahkan beberapa taksi pun ada yang dilengkapi alat ini. Selain mudah didapat, GPS pun harganya bervariatif dan pemasangannya pun sangat mudah. Keberadaan GPS ini memudahkan kita untuk mencari lokasi tertentu maupun nama jalan yang asing ditelinga. Selain itu, juga untuk mencarikan jalan alternatif untuk menghindari daerah yang macet. 


Sebelum memasang alat pemandu perjalanan ke mobil Anda, ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan. Berikut ini lima tips untuk memilih GPS yang cocok dengan kebutuhan Anda.

1. Fitur Utama
Pertama, untuk mendapatkan alat pemandu yang tepat, pilihlah alat pemandu perjalanan yang cocok dengan kendaraan Anda. Sistem yang paling umum adalah berdasarkan konsep navigasi onboard yang menggunakan teknologi GPS. GPS onboard ini membantu Anda untuk menentukan rute terbaik dari titik A menuju titik B. 

Mayoritas sistem lokasi dan navigasi kendaraan juga dapat memperingatkan apabila terjadi kecelakaan dan bahaya. Sistem ini juga harus dapat memberi tahu lokasi persis kendaraan Anda, bahkan di area terpencil sekalipun.

2. Real Time Monitoring
Dengan inovasi eksklusif dari GPS, teknisi telah sukses mengembangkan sistem palacakan dengan baik yang dilengkapi teknologi real time menggunakan jaringan nirkabel. Hal tersebut memungkinkan untuk memberikan informasi secara lengkap dan tepat menggunakan tampilan visual (nama jalan, bengkel, restoran, tempat parkir, bank, dan sebagainya).

Dengan inovasi sistem in, pengguna dapat mengecek apakah ia berada di jalan yang tepat berkat informasi yang diberikan oleh sistem tersebut. Selain itu, alat GPS juga akan memberitahukan informasi mengenai jumlah bensisn tersisa dan lokasi mobil. Jika Anda terlewat untuk belok atau tempat yang dituju, GPS secara otomatis akan memberikan rute yang baru.

3. Fungsi Untuk Mengontrol Kecapatan
Beberapa alat pemandu perjalanan yang sudah menyatu dengan mobil juga dilengkapi dengan teknologi untuk mengontrol batas kecepatan. Dengan begitu, alat ini akan memperingatkan pengemudi jika sedang mengebut. Hal itu sangat baik untuk menghemat bensin dan untuk menghindarkan pengemudi dari segala jenis bahaya maupun kecelakaan.

4. Sistem Navigasi Suara
Saat ini, navigasi suara merupakan teknologi bawaan di setiap GPS. Teknologi ini memberikan instruksi suara kepada pengemudi. Teknologi suara ini sangat berguna untuk pengemudi yang ingin tetap berkonsentrasi di jalan. Selain itu, GPS dengan sistem suara ini juga sangat berguna agar tidak membuang-buang waktu.

5. Value For Money
Apapun fungsi yang dimiliki oleh sebuah GPS, semua berujung pada soal harga. Saat ini ada banyak jenis GPS mobil yang tersedia di pasaran dan kebanyakan orang akan memilih GPS yang paling murah. Yang patut diperhatikan adalah bahwa Anda akan mendapatkan keamanan dan performa yang lebih maksimal dengan memilih GPS yang berkualitas baik. Namun, hal itu bukan berarti Anda harus membeli yang paling mahal. Sebelum membeli, tentukan fitur-fitur apa saja yang Anda rasa wajib ada di sebuah GPS.


0 komentar: