Berbagai Manfaat Mengkonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih adalah hal yang sangat penting bagi anda, karena sekitar 80% tubuh manusia adalah terdiri dari air. Selain itu mengkonsumsi air putih mencegah tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan juga dapatmembantu memperlancar sistem metabolisme dan pencernaan tubuh, jika sistem metabolisme dan pencernaan lancar maka tubuh akan terasa lebih segar.


Banyak orang yang tidak mengetahui khasiat air selain untuk menghilangkan dahaga saja. Air dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah dan murah. Berikut beberapa manfaat air putih yang mungkin dapat kita jadikan acuan saat akan mengkonsumsi minuman di luar dari air putih.
  1. Meningkatkan kekuatan otak.
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience, minum air dapat membantu seseorang untuk lebih cepat berpikir dan bertindak.
  2. Memperlancar Sistem Pencernaan.
    Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.
  3. Air Putih Membantu Memperlambat Tumbuhnya Zat-Zat Penyebab Kanker, serta mencegah penyakit batu ginjal dan hati.
    Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.
  4. Perawatan Kecantikan.
    Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligusmelembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 - 10 gelas sehari.
  5. Menyehatkan Jantung.
    Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
  6. Melangsingkan Badan.
    Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula , ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.
  7. Tubuh Lebih Bugar.
    Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.
  8. Penyeimbang Tubuh.
    Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh.

0 komentar: